ini juga ada kkl yang udah direvisi dan past
t udah sah....
kkl
Jumat, 14 September 2012
RPP tematik format bu fine
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
MII Prapagkidul Brebes
Mata Pelajaran : Tematik (IPA dan IPS)
Tema :
Pengalaman
Kelas / Semester : II / I
Jumlah Pertemuan : 1 x pertemuan
A.
Standar Kompetensi
1.
IPA : Mengenal berbagai bentuk benda dan kegunaanya serta
perubahan wujud yang dialaminya.
2.
IPS : Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
B. Kompetensi Dasar
1.
IPA : Menunjukkan perubahan
bentuk dan wujud benda (plastisin/tanah
liat/adonan tepung) akibat dari kondisi tertentu.
2.
IPS : Memelihara dokumen dan
koleksi benda berharga miliknya
C. Indikator
1.
IPA
a.
Mencontohkan
perubahan wujud benda (C2).
b.
Mendemonstrasikan
perubahan bentuk benda (P2).
2.
IPS
a.
Menjelaskan cara memelihara dokumen miliknya (C2).
b.
Mendemonstrasikan
cara memelihara koleksi benda berharga miliknya (P2).
D. Tujuan Pembelajaran
1.
IPA
a.
Melalui
gambar tentang perubahan wujud benda diharapkan siswa mampu mencontohkan
perubahan wujud benda dengan benar.
b.
Melalui
gambar perubahan bentuk suatu benda diharapkan siswa mampu mendemonstrasikan
perubahan bentuk benda dengan benar.
2.
IPS
a.
Melalui gambar dan cerita tentang suatu dokumen
diharapkan siswa mampu menjelaskan cara memelihara dokumen miliknya dengan
benar.
b.
Melalui gambar dan cerita yang dibacakan guru diharapkan
siswa mampu mendemonstrasikan
cara memelihara
koleksi benda berharga miliknya dengan benar.
Karakter siswa yang di harapkan :
|
Iman dan taqwa, Kejujuran, Peduli, Kerjasama, Responsif, Integritas
dan komitmen, Unggul.
|
E. Materi Pokok
1.
IPA :
Perubahan wujud dan bentuk benda
2.
IPS :
Dokumen
dan Benda Berharga
F. Alokasi Waktu
2 x 30 menit
G. Model dan Metode Pembelajaran
1.
Model : Cooperative Learning dan Kontekstual
2.
Metode : Diskusi, Penugasan, Tanya Jawab, dan Demonstrasi
H. Kegiatan Belajar
1.
Kegiatan Awal (10 menit)
a.
Guru dan siswa mengawali
pelajaran dengan mengucapkan salam kemudian berdoa dan melakukan presensi. (Iman dan taqwa, Integritas dan komitmen).
b.
Motivasi :
“Mempersiapkan materi ajar dan memotivasi siswa dengan bertanya jawab tentang pengalaman
siswa mengenai benda yang keras dan cair termasuk dokumen atau benda koleksi
berharga yang dimiliki siswa. (Religius, Respect, Disiplin, Semangat).
c.
Apersepsi :
Mengaitkan jawaban siswa dengan materi yang hendak diajarkan. Misalnya : Guru : “ air
dan es batu atau es krim dapat berubah wujud serta kayu, kursi dapat pula
berubah bentuk, mau tahukah kalian itu kenapa ?.“ (Rasa Ingin Tahu, Peka).
d.
Menyampaikan tujuan
pembelajaran yang diharapkan. (Respect)
2.
Kegiatan Inti (40 menit)
a.
Eksplorasi
1)
Guru membagikan gambar-gambar yang ada pada bahan ajar
tentang benda padat dan benda cair baik itu es, kayu, dokumen ataupun contoh
benda koleksi yang berharga. (Responsif, Integritas dan komitmen, Unggul).
2)
Siswa memperhatikan gambar dan memperhatikan penjelasan
dari guru. (Responsif,
Integritas dan komitmen, Unggul.)
3)
Siswa memperhatikan cerita dari guru kemudian bertanya
jawab. ( Peduli, Kerjasama, Responsif, Integritas dan
komitmen, Unggul.)
b.
Elaborasi
1)
Guru mengelompokkan siswa dengan anggota maksimal 3
siswa.
2)
Guru membagikan plastisin, contoh dokumen, dan gambar
benda koleksi berharga kepada tiap kelompok selanjutnya menugasi siswa untuk
mengerjakan apa yang ada dalam LKS. ( Kejujuran, Peduli, Kerjasama, Responsif, Integritas dan komitmen,
Unggul.)
3)
Siswa berdiskusi dalam bimbingan guru. (Kejujuran, Peduli, Kerjasama, Responsif, Integritas
dan komitmen, Unggul.)
4)
Kelompok yang siap mendemonstrasikan perintah yang ada
dalam LKS secara bergilir. ( Peduli, Kerjasama, Responsif, Integritas dan komitmen, Unggul)
5)
Guru memandu dan menilai performance dari tiap kelompok
yang maju.
c.
Konfirmasi (10 menit)
1) Guru mengomentari kelompok
yang sudah maju dan memberikan penguatan kepada seluruh siswanya untuk selalu
aktif dan tidak malu maju didepan teman-temannya. (Semangat, Respect)
2) Guru meluruskan kesalahpahaman pada siswa yang belum optimal dalam
belajar untuk mengeksplorasi materi lebih lanjut. (Respect)
3. Kegiatan Penutup
a.
Siswa bersama Guru menyimpulkan
materi yang telah dipelajari. (Perhatian,
Respect)
b.
Siswa diminta untuk mengerjakan
evaluasi. (Tanggung Jawab)
c.
Guru menyampaikan materi
pembelajaran berikutnya dan memberikan tindak lanjut dengan memberikan tugas di rumah pada siswa untuk meneliti berbagai kegunaan benda yang ada
disekitar rumahnya. (Disiplin,
Perhatian)
d.
Guru menutup pelajaran dengan
ucapan terimakasih dan salam. (Religius)
I.
PENILAIAN
1.
Teknik : Tes Tertulis dan Tes praktik
2.
Bentuk : Tes pilihan : Pilihan Ganda, Isian Singkat.
Tes praktik : simulasi
3.
Contoh Instrument : Butir Soal
Evaluasi dan LKS : terlampir.
J.
Alat dan Sumber Belajar
1.
Alat :
Gambar
gambar, plastisin, contoh dokumen (
KTP dan KK)
2.
Sumber Belajar :
Sulistyanto, Heri dan Edi Wiyono. 2008. Ilmu
pengetahuan alam
2
: untuk sd dan mi kelas II/.Jakarta : Pusat
Perbukuan,
Departemen Pendidikan Nasional.
Purwayi, Sri dan pama leyn. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 2:
untuk SD/MI kelas. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen
Pendidikan
Nasional.
Jaya Suranto, Tri dan A. Dakir. 2008. lmu Pengetahuan Sosial 2:
untuk SD dan MI kelas II. Jakarta: Pusat Perbukuan,
Departemen
P endidikan Nasional.
Semarang, 24 Mei 2012
Mengetahui,
Dosen Pengampu Mahasiswa
Fine Refiane, M.Pd.
Uwais Qorni
NPM.10120132
Cara Pengembangan Nilai
KD
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Instrument
|
1.
IPA : Menunjukkan perubahan
bentuk dan wujud benda (plastisin/tanah liat/adonan tepung) akibat dari kondisi tertentu.
|
1.
IPA
a.
Mencontohkan
perubahan wujud benda (C2).
|
Test
|
Test pilihan (isian
singkat)
|
a. ayo pilih jawaban
dari kotak di bawah
es krim adalah
benda ...
es batu dibuat
dari ...
caranya air
... di dalam kulkas
air
itu akan ...
|
b.
Mendemonstrasikan
perubahan bentuk benda (P2).
|
|
Test pilihan (pilgan)
|
b. ayo pilihlah satu jawaban yang benar
1 kertas digunting akan berubah ...
a bentuk
b wujud
c warna
2 jika ditekan tekan tanah liat berubah ...
a jenis
b wujud
c bentuk
3
benda dibawah ini berubah bentuk jika ...
a ditekan
b dipotong
c dipilin
4
benda dibawah ini dapat mengubah bentuk...
a kertas
b kain
c balok kayu
5 air akan
membeku bila ...
a didinginkan dalam kulkas
b dipanaskan di atas api
c diangin
anginkan
|
|
2.
IPS : Memelihara dokumen
dan koleksi benda berharga miliknya
|
2. IPS
a.
Menjelaskan cara memelihara dokumen miliknya (C2).
|
|
Test tulis (pilgan)
|
6. Salah satu cara merawat dokumen keluarga yaitu ....
a. dibiarkan
b. ditumpuk
c. dibersihkan debunya
7. Akta kelahiran tidak boleh ....
a.
hilang
b.
dilipat
c.
dipakai
8. KTP dan SIM supaya awet harus ....
a.
dibungkus
b.
dilaminating
c.
dipanaskan
9. Dokumen yang dijadikan alat kenangan adalah
....
a.
KTP
b.
akta
c.
foto
10. Yang termasuk dokumen
adalah ....
a.
uang kuno
b.
Kartu keluarga
c.
buku
|
b.
Mendemonstrasikan
cara memelihara
koleksi benda berharga miliknya (P2).
|
|
Test tulis (Uraian
Singkat)
|
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan singkat dan
jelas!
1. Bagaimana cara memelihara koleksi piala?
|
Kunci Jawaban Soal Evaluasi
a.
Padat----Air---didinginkan---Membeku
b.
1 a 6 c
2 c 7 a
3 b 8 b
4 c 9 c
5 a 10 b
c.
Dibersihkan
dengan mengelapnya dan ditempatkan ditempat yang khusus seperti lemari piala.
Teknik
Penilaian Soal Evaluasi :
Rubrik Penilaian
Bentuk soal
|
jumlah soal
|
Skor
|
a. Isian singkat
|
1
|
4
|
b. pilgan
|
10
|
10
|
c. Uraian singkat
|
1
|
6
|
Jumlah
|
20
|
Nilai Akhir = Jumlah Skor x 5
Lembar Kerja Siswa
Tema : Pengalaman
Mata Pelajaran : IPA dan IPS
Kelas / Semester : 2
/ I
Materi : IPA : perubahan wujud dan bentuk
IPS : Dokumen dan Benda Berharga
Kelompok : . . .
Anggota :
1.
…
2.
....
3.
....
Tugas kalian :
1.
Bentuklah plastisin sesukamu,
ceritakanlah bagaimana kamu membentuknya !
2.
Praktikkanlah cara memelihara
dokumen di depan temanmu !
3.
Praktikkanlah cara memelihara
benda koleksi berharga di depan temanmu
!
Petunjuk : Diskusikanlah dengan kelompokmu lalu tunjukkanlah
didepan temanmu sesuai nomor yang kamu dapat.
Kamu Pasti Bisa !
Lembar Pengamatan Guru
NO
|
NAMA
SISWA
|
ASPEK
PENILAIAN
|
SKOR
TOTAL
|
||
KEAKTIFAN
|
KERJASAMA
|
HASIL (LAPORAN & KREATIFITAS)
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
RUBRIK PENILAIAN KELOMPOK
NO
|
ASPEK
PENILAIAN
|
KRITERIA
PENILAIAN
|
SKOR
|
1.
|
KEAKTIFAN
|
Berdidkusi dengan aktif
|
3
|
Jarang berdiskusi dengan aktif
|
2
|
||
Diam / tidak berdiskusi
|
1
|
||
2.
|
KERJASAMA
|
Pembagian kerja
yang adil dan kompak
|
3
|
Pembagian kerja
tidak berjalan dan kurang kompak
|
2
|
||
Tidak ada
kekompakan dan pembagian kerja
|
1
|
||
3.
|
HASIL
(LAPORAN
& KREATIFITAS)
|
Simulasi benar
|
3
|
simulasi benar tetapi kurang tepat
|
2
|
||
simulasi salah
|
1
|
Langganan:
Postingan (Atom)